Pengertian Pembelajaran


books-pile

Istilah pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar dan pembelajaran terjadi bersamaan. Belajar dapat terjadi tanpa kegiatan mengajar, tanpa guru, dan tanpa pembelajaran formal. Sedangkan mengajar adalah segala hal yang guru lakukan di kelas.

Duffy dan Roehler (1989) mengatakan bahwa apa yang dilakukan guru agar proses belajar mengajar bejalan lancar , bermoral, dan membuat siswa nyaman merupakan kegiatan dari mengajar, juga secara khusus mencoba dan berusaha untuk mengimplementasikan kurikulum dalam kelas. Semsntara itu pembelajara adalah suatau usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum.

Gagne dan Briggs (1979) mengartikan pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkain peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya prose belajar yang bersifat internal. Sepintas pengertian mengajar hampir sama dengan ppembelajaran namuan pada dasarnya berbeda. Dalam pembelajara, situasi yang memungkinkan terjadinya proses belajar harus dirancang dan dipertimbangkan terlebih dahulu oleh guru, dalam seharian pembelajaran sering disamakan dengan proses belajar mengajar dimana di dalamnya terjadi interaksi antara guru dengan siswa untuk mencapai suatu tujuan yaitu terjadi perubahan sikap dan tingkah laku siswa.

Jadi pembelajaran adalah sesuatu aktivitas yang sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi agar tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum. Oleh karena itu, lingkungan belajar yang mendukung dapat diciptakan agar proses belajar dapat berlangsung secara optimal. Dikatakan pula bahwa proses menciptakan lingkuna belajar sedemikian rupa merupakan pembelajaran.

Dalam pembelajaran, hasil belajar dapat dilihat langsung. Sehingga, agar kemampuan siswa dapat dikontrol dan berkembang semaksimal mungkin dalam proses belajar di kelas maka program pembelajaran  harus dirancang terlebih dahulu oleh guru dengan memperhatikan berbagai prinsip-prinsip pembelajaran yang telah diuji keunggulannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s