Archive | 16 Januari 2014

Gigi Goyang Picu Infeksi Jantung

Sumber :

http://m.klikdokter.com/detail/read/1/115/gigi-goyang-picu-infeksi-jantung-#.UtYbf6MubCw.twitter

===
Gigi goyang biasa dialami anak-anak yang gigi susunya akan lepas. Meski demikian, bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalami gigi goyang. Kondisi tersebut bisa dialami di usia dewasa, namun dengan sebab berbeda.

Menurut drg Agung Krismariono MKes SpPerio, gigi goyang berawal dari penyakit gusi. Penyebab utama penyakit gusi adalah bakteri. ‘Bakteri tersebut menempel di permukaan gigi atau disebut plak,’ jelas spesialis periodontologi itu.

Plak terdiri atas berbagai macam mikroorganisme, di antaranya bakteri dan jamur. Sejatinya, kata Agung, mikroorganisme tersebut merupakan flora normal yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Tetapi, jika terjadi gangguan keseimbangan antar-mikroorganisme itu, jumlahnya meningkat. ‘Jadi, yang semula merupakan flora normal dapat berubah patogen atau merusak,’ imbuh staf pengajar FKG Unair tersebut.

Namun, kondisi itu juga bergantung pada daya tahan tubuh setiap individu. Jika daya tahan tubuh baik, umumnya bakteri tidak mengakibatkan kerusakan. Sebaliknya, apabila daya tahan tubuh menurun, bakteri mengakibatkan peradangan pada permukaan gusi (gingivitis).

Jika kondisi tersebut dibiarkan, diperparah dengan kurangnya menjaga kebersihan mulut, tanpa disadari radang gusi dapat berlanjut menjadi gigi goyang (periodontitis). ‘Itu bahayanya. Sebab, penyakit gingivitis dan periodontitis umumnya tidak menimbulkan keluhan sakit seperti gigi berlubang,’ terang Agung.

Gigi goyang akan menyebabkan terjadinya perubahan posisi gigi. ‘Gigi menjadi jadi mrongos atau modot,’ ujarnya. Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus, gigi bisa lepas dengan sendirinya.

Selain itu, ada juga beberapa gejala gusi goyang. Misalnya, gusi mudah berdarah, terutama ketika sikat gigi; warna gusi memerah atau merah kebiruan; dan terjadi pembengkakan gusi atau pengerutan gusi.

Tidak hanya gigi goyang, jika bakteri terus dibiarkan, ia akan mengumpul pada celah gusi dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Di antaranya adalah infeksi jantung, paru, ginjal, pankreas, serta otak. ‘Hal itu akibat adanya toksin bakteri yang masuk ke dalam pembuluh darah dan mengikuti peredaran darah ke seluruh tubuh,’ papar ketua Ikatan Periodonsia Indonesia Komisariat Surabaya tersebut.

Pada kondisi kebersihan mulut yang baik, memang ada sebagian kecil bakteri yang masuk dalam peredaran darah. Namun, hal itu tidak membahayakan. Tapi, jika tingkat kebersihan mulut jelek, jumlah bakteri yang melekat pada permukaan gigi bisa meningkat 2-10 kali lipat. Dengan demikian, jumlah bakteri yang masuk dalam peredaran darah juga meningkat.

Ada dua macam tipe periodontitis. Yakni, periodontitis kronis dan agresif. Periodontitis kronis ditemukan pada usia 35 tahun ke atas. Penyebabnya adalah kebersihan rongga mulut jelek sehingga banyak plak dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. Periodontitis agresif umumnya ditemukan pada usia sebelum 30 tahun. ‘Hal itu disebabkan adanya gangguan daya tahan tubuh,’ tuturnya.

Kak Khairun

Kak Hairun “Aku slalu suka kamar mimi” | Penuh bahan daur ulang kak | Tapi mimi kreatif, pinter nyusun lagi | Haha, cuma iseng kak. 😀

Kak Hairun “Barangnya bnyak tapi tetep kelihatan luas” | Ini sudh bingung kak mau diapakan lgi | gini aja juga sudah rapi | makasi kak. Hehe

Kak Hairun “Ini yg di langit2 gimana buatnya?” | cuma modl kertas bekas wrna warni, gunting, dan satples kak | murah, meriah, menarik | Hehe

Kak Hairun sampe sering ngasih benda2 yg dia bingung mau diapakan. Sy juga gk enak nolak. Gk mau buang juga. Tu di kerdus sebagian.

Bla bla bla

Memaafkan bukan berarti melupakan, tapi membiarkan hati kita menjadi lebih damai, dgn menyembuhkan luka yg ada didalam hati.

Mengingat, bukan berarti kembali hidup di dalamnya, anggap saja sebagai peringatan untuk mensyukuri apa yg lebih baik saat ini.

Terkadang orang hanya berbicara tanpa berpikir, jd km tak perlu slalu memikirkan setiap apa yg mereka katakan.

Ikhlas jalani hari ini, serahkan hal-hal yg berada diluar kemampuanmu pada Tuhan, dan yakinlah bahwa yg kamu dapatkan adalah yg terbaik.

Dalam kehidupan, kamu akan selalu berhadapan dengan pilihan. Namun apapun yang kamu pilih, pastikan bahwa itu dapat membuatmu bahagia.

Kamu tak bisa memaksa seseorang tuk mencintaimu, tp jika kamu jalani hidup ini dgn baik, suatu hari dia kan sadar apa yg telah dia lepaskan.

Hidup bukan tentang mendapatkan apa yg kamu inginkan, tapi tentang menghargai apa yg kamu miliki, dan sabar menanti yg akan menghampiri.

Terkadang, tak peduli berapa banyak orang di sekitarmu, kamu merasa sepi. Hanya karena kamu berharap dia yang kamu cinta ada di sisi.

Jangan salah mengartikan perhatian seseorang. Karena mungkin memang dia adalah orang yang perhatian kepada semua orang.

Yang kamu perlu lakukan bukanlah mengubah hidupmu, namun mengubah cara pandangmu atas hidupmu.

Hargai perasaan seseorang, bahkan jika itu tak berarti apa-apa bagimu, karena mungkin saja itu berarti segalanya bagi dia.

Terkadang, kamu harus berhenti peduli. Karena, kadang, kamu tak berarti apa-apa bagi dia yang berarti segalanya bagimu.

Tak salah jika ingin selalu tampil baik. Penampilan memang bukan yg utama, tapi sering kali penampilan dijadikan bahan penilaian yg pertama.

Sahabat sejati adalah mereka yang mau meraih tangan dan mampu meraih hati

Kamu harus mencintai dirimu sebelum mencintai orang lain. Kamu harus peduli pada dirimu sebelum peduli pada orang lain.

Inilah 5 Manfaat Bawang Putih

Sumber :

http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/read/19/gizi/2013/12/12/435/inilah-5-manfaat-bawang-putih#.UtdaLtIW1w9

===
KLIKDOKTER.com – Bawang Putih telah lama dikenal sebagai bahan makanan penyedap rasa dan penambah aroma makanan. Tidak semua menyukai baunya, namun konsumsi bawang putih dapat membantu kita menjaga kesehatan.
Diperlukan penelitian yang lebih jauh lagi untuk menegaskan efek kesehatan dari konsumsi bawang putih. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi bawang putih, adalah:
Menurunkan tekanan darah tinggi
Pada beberapa penelitian, konsumsi bawang putih ternyata dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 7-8% pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Bahkan pada mereka dengan tekanan darah normal, konsumsi bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah.

Mencegah pengerasan pembuluh darah
Konsumsi bawang putih dapat mengurangi efek pengerasan pembuluh darah yang sering terjadi dan meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Dengan menjaga tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah, maka bawang putih dapat berperan dalam melindungi jantung. Satu siung bawang putih setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita.

Mencegah kanker saluran pencernaan
Mengkonsumsi bawang putih juga nampaknya dapat melindung saluran cerna dari kanker usus besar, kanker rektal dan kanker lambung. Mengkonsumsi 1 siung bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah terjadinya kanker saluran pencernaan.

Mencegah gigitan kutu
Para peneliti menemukan bahwa frekuensi gigitan kutu pada mereka yang mengkonsumsi bawang putih lebih banyak menjadi lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

Mengobati infeksi jamur
Pengobatan infeksi jamur dengan jel bawang putih memberikan hasil yang memuaskan seperti pada pengobatan infeksi jamur dengan obat-obat antijamur yang sudah ada.

Pada sebuah penelitian di Department of Family and Social Medicine, Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, Bronx, New York ditemukan juga bahwa bawang putih memiliki efek antipembekuan darah. Untuk itu, sebaiknya bagi mereka yang akan menjalani prosedur operasi, menghentikan konsumsi bawang putih 7-10 hari sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.

Obrolan sama ade

Camera 360

Me (100992), Ade (210894)

Punya ade yg gak jauh beda umur itu. Selalu ad bully, perhatian, keseriuasan, curhatan, bahkan marahan antara kita. #love #family

Haus belum beli air galon (baru melek, masih guling-guling, ngeluh)|Ini nah air (sodorin1/2 gelas, air terakhir)|bagusnya suaramu Mi|Ngeledek itu!

Beli air nah de! Dehidrasi ini, suara makin serak lagi, batuk gak berhenti, pilek menjadi-jadi|Bentar, ngumpulin nyawa dulu, baru bangunjuga. (masig guling-guling).

Sekarang jam berapa? | sudah jam 3, cepat sudah bangun, beli air | Tadi kamu ngapain kok gok ganti baju? Tidur juga|iya tepar|Ya jngn nangis gitu dong. #pilek 😦

Loh katanya tadi mau ke kampus lagi. Tapi kok…|kepalaku sakit, aku tepar. Lemparkan celana itu|Mau kemana?|cuma ganti kostum riber pake baju formal gini (masih baju ke kampus).

Jah, bangun nah! gak sayang ah sama kakaknya!|Aih, sayang diukur sama beli air atau gak! kejam!|Ini sudah sekarat (batuk2)… #adeManyun.

Terus yang nahan galonnya siapa? Aku gonceng sendiri?| Ajak temanmu. geng gembel. si Ipat kah.| Aihh, kamu aja sudah!|Mana kuat de! #pergi tanpa kata. 😀

Ya ampun kak Nurmi pucat (ipat)|Sekarat dia Pat gara-gara gak kusayang (ade)|sudah deh! gk usah nyindir! mana airnya? (ane mainin gelas)

Sudah makan kah kak?(ipat)|sudh de| makannya seimprit Pat, mana bisa beser kaya aku(ade)| Yang kecil unyu awet muda!| Ijah, muka boros ya kak? (ipat)|Haha

16/01/2014

Ngobrol sama ade berasa aku dibodokin atau aku sok polos. Tapi dia bener si, walaupun ngomongnya gitu amattt 😀

Gak semua orang tersenyum itu bahagia. |bener| tapi itu pilihannya, karena bersedih baginya sia-sia |he–em

Orang ngeluh belum tentu sedih loh kak! |Hah?| dia cuma lagi iseng|hah?|Lagi ngetes reaksi orang|Hah?|kalau aku sih gitu kak |Hehe

Sebenarnya gak suka online kak, gak penting kan tau urusan orang, keluhan orang yang lewat di beranda atau TL| Terus kenapa rajin online?|Hehe, suka bosan dan coz ada seseorang yang bisa di pantau diam-diam kalau online|Uhh, dasar|ckck

Kenapa sekarang ade lebih suka pengang HP daripada buku?|Untuk hemat pohon|Hah?|Iya,kalau beli buku trus, nanti mereka cetak ulang terus. Pake kertas kan, pohon makin sedikit, kalau hujan gak ada yang nyerap air, banjir deh seperti sekarang|Hehe

Tapi lyar hempong bikin mines mata mambah de| baca buku juga. pake hp lebih lengkap isinya. Nyari apa aja ada|terserah deh |Hehe