Alur Pendaftaran SM3T


Menurut pengalaman saya sebagai peserta SM3T dan kini di tempatkan di Papua, tepatnya di Kab Jayawijaya. Berikut ini proses mengikuti program SM3T, mulai dari pendaftaran hingga pemberangkatan:

Pendaftaran Online

Tahap awal yang harus dilakukan peserta yaitu mendaftar secara online. Dalam pendaftaran inilah akan diseleksi administrasi. Saat mendaftar yang paling dibutuhkan peserta adalah mengupload foto scenan transkip bagi yang telah dinyatakan lulus namun belum mendapat ijasah. Ijasah S1 bagi yang telah wisuda. Serta mengisi data-data yang diminta. Oia, pastikan IPK anda mencapai. Syaratnya IPK minimal 3,00. Dan ingat juga bahwa yang boleh mendaftar adalah 3 tahun lulusan terakhir. Misalnya pendaftaran 2015, bebarti yang boleh mendaftar adalah sarjana lulusan tahun 2013, 2014, 2015.

Pengumuman Admisitrasi

Biasanya pengumuman administrasi akan diumumkan beberapa hari setelah tanggal penutupan. Jika anda lulus dalam tahap ini maka akan berhak mengikuti Tas Online di LPTK penyelanggaran tempat anda mendaftar.

Oia, biasanya peserta yang lulus adalah yang /31 desember tahun pendaftaran, umur tidak mencapai 27 tahun.

Tes Online

Waktu tes online, dilaksanakan sesuai jadwal yang telah diberitahukan saat pengumuman lolos administrasi. Tesnya menggunakan komputer dengan ujian tes Akademik dan tes sesuai dengan prodi masing-masing. Tes ini langsung berpusat di dikti. Tes dilaksanakan di LPTK penyelenggara yang tersebar di Indonesia, namun tetap langsung dikendalikan dipusat.

Jika tahap ini anda lulus, kurasa anda patut merasa legah, karena menurut saya tahap inilah yang tersulit, nilai kita ditentukan oleh komputer.

Sedikit curhat, waktu saya tes. Tiba-tiba jaringan bermasalah dan harus menunggu hingga berjam-jam, yang membuat semakin was-was. Waktu kami terus berjalan, bersyukur kami mendapat tambahan waktu, meskipun hanya sebentar (tidak sesuai dengan waktu yang semula tersisa).

Pengumuman tes ini juga diumumkan langsungย  alamat pendaftaranmu, sama seperti pengumuman seleksi adminitrasi.

Tes Wawancara

Tes wawancara ini tahap yang menurut saya tidak terlalu sulit, cukup sediakan mental dan jawaban jelas tanpa keraguan untuk mengabdi sebagai peserta SM3T.

ย Pra Kondisi

Pra kondisi dijalani selama 13 hari. Inilah dibutuhkan menjaga kesehatan, karena selama 13 hari ini kita akan mempersiapkan diri untuk menhadapi keadaaan apapun nanti di daerah tugas. Persiapan fisik, mental, persiapan pengetahuan, dan persiapan diri secara keseluruhan.

Pemberangkatan

Tahap ini akan membuatmu merasakan berbagai perasaan. Contohnya, cemas dan penasaran. Tak jarang air mata menetes. Kenapa saya bilang begitu?

Bagi anda yang merasa bahagia akan mengabdi untuk negara tentu akan perasaan bangga itu ada. Lalu, bagaiman jika menatap keluarga yang melepas kita dengan wajah hawatir mereka merelakan kita pergi. Tentu perasaan kita akan campur aduk. Belum lagi jika pemikiran tentang keadaan daerah penempatan yang katanya ektrim atau apalah. Padahal belum tentu loh.

Daerah penempatan kita akan kita ketahui setelah prakondisi atau pada saat pra kondisi. Nah, biasanya pasti kalian akan mencari tau kan tentang daerah tersebut. Hal itu wajah sih, saya juga dulu begitu kok.

Saran saya, jika berita yang kamu peroleh tentang daerah penempatanmu beginilah begitulah, jangan langsung negative thinking deh. Belum tentu kok. Jangan nyerah ya, apalagi berusaha melakukan sesuatu agar dipindahkan tempat.

Pokoknya, jangan takut. . . Memang kata orang di dunia ini gak segampang yang kamu harapkan. So, ingat juga! Gak semua hal yang kamu jalanin sesulit yang kamu bayangkan. ๐Ÿ™‚


Untuk kalian yang ingin mendaftar. Saat ini saya katakan pada anda. JANGAN RAGU. Kita tidak akan tau sesuatu itu baik atau benar jika kita belum menjalaninya.

Bagaimana kita bisa tau kita bermanfaat jika kita belum bertindak. Bagaimana kita tau apa rencana Tuhan. Bisa jadi rasa ragu kita tak beralasan. Dan apa yang kita ragu-ragukan, setelah kita jalani justru memberikan banyak pelajaran dan hikmah kehidupan yang membuat kita bahagia.

Semangatlah. . .

Salam— Maju Bersama Mencerdaskan Bangsa.

sm3t seleksi 2

Pengumuman telah LOLOS TES ONLINE dan berhak mengikuti tahap WAWANCARA

 

sm3t tes wawancara

Pengumuman telah LOLOS WAWANCARA dan berhak mengikutib PRA KONDISI


“Tujuan mereka dikirim adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah 3T. Mereka ditempatkan di sejumlah daerah terpencil di wilayah Papua, Nusa Tenggara Timur, Aceh, dan provinsi lainnya selama satu tahun.: Kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibu Hamad ( Jumat, 08/08/2014 – 11:50).

sm3t program studi

 

SM3T JadwalSilahkan buka link ini untuk lebih jelasnya :

http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/?tf=kPIBl7KJNh/b17qvUMD3XAXty6hoZWSlmn4NbKZl62Q=

Ingin baca daftar program studi dan syarat ketentuannya link berikutnya :

http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/?tf=xMbrV93VvDsUGrZsETZq9LB2UvcIjihfIS3gSFwpaTg=&i=zQ7L@7kdnjj7Jmmfh3UH83/LwM1qqWBYu0phWxazdRE=


 

 

 

Iklan

12 thoughts on “Alur Pendaftaran SM3T

  1. terima kasih atas infonya sebelumnya ya mba..saya juga alumni unmul 2013..klo seandainya saya mau ikut pendaftaran sm3t 2016 apa masih bisa ikut? ๐Ÿ˜ฆ

  2. Setau saya 3 tahun terakhir… 2016, berarti 2014, 2015, 2016. Kecuali ada perubahan peraturan.

    Namun, coba saja daftar Online. Bisa jadi rejeki dan lolos tes administrasi. #Tetap semangat.

  3. Kak..
    Scan Ijazah yg di upload itu:
    scan ijasah ASLI yg tanpa legalisir
    atau
    scan-an ftokopi ijasah yg udh d cap legalisir
    ??
    Yg mana yak?? Mksih ๐Ÿ˜€

  4. kak, ijazah saya ada bingkainya di sebelah kiri, saya mau tanya, kk, scan ijazahnya boleh gk kena bingkai atau harus kena bingkai? Ooh…ya, kk, mau tanya lagi, foto yang diupload harus pakai almamater, atau bebas?

    • Maaf sekali sebelumnya de, karena kesibukan lama tidak buka blog. Setau saya bebas pantas, tidak ada yang wajib pake almamater, namun alangka baiknya yang formal ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s