Lesehan Cendekia

#LATAR BELAKANG#

Di masa kini dan di masa mendatang, tantangan yang dihadapi mahasiswa semakin berat. Salah satunya isu globalisasi yang sekarang ini melanda dunia. Globalisasi membuat dunia seakan-akan menjadi desa yang menyatu (global village). Informasi semakin cepat dapat diakses dan up to date, distribusi barang dan jasa menjadi tak terbatasi, manusia dan kebudayan semakin beragam, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat berkembang, sehingga hal itu menimbulkan dampak yang serius bagi pengembangan kualitas mahasiswa.

Mahasiswa adalah entitas intelektual yang menempati posisi strategis dalam perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Mahasiswa adalah agen-agen pengubah, pilar-pilar keadilan dan kebenaran, teladan perjuangan, dan aset masa depan bangsa Indonesia. Sehingga mahasiswa dengan segala potensi keimanan, intelektual, dan kecendikiawanan harus meletakkan dirinya sebagai kawah candradimuka untuk menciptakan pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur.

Guna menghadapi tantangan era globalisasi tersebut, diperlukan mahasiswa yang memiliki spesialisasi pada bidang tertentu dan berwawasan global sehingga tercipta kepaduan pemahaman terhadap ilmu dan pengembangan dunia kontemporer. Oleh karena itu, kami Mahasiswa Universitas Mulawarman menghimpun diri dalam kelompok studi “Lesehan Cendekia” bekerjasama dengan MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia) Kluster Mahasiswa Wilayah Kalimantan berusaha membuat serangkaian kegiatan menuju pembentukan UKM LESEHAN CENDEKIA MULAWARMAN yang diharapkan dapat memfasilitasi dosen dan mahasiswa Universitas Mulawarman sebagai bagian dari kalangan akademisi profesi dalam berkontribusi bagi masyarakat Kalimantan untuk mencetak mahasiswa yang berkompeten, profesional dan kontributif dalam kepemimpinan dan kecakapan keilmuannya.

#VISI#

LESEHAN CENDEKIA MULAWARMAN mengkaji dan meneliti permasalahan dengan landasan ilmu interdisipliner dengan memanfaatkan fasilitas kampus, serta mengoptimalkan potensi keilmuan mahasiswa dengan mengedepankan akhlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangka keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

#MISI#

  1. Menghubungkan berbagai disiplin Ilmu dengan menghilangkan sekat-sekat diantaranya dalam memecahkan suatu permasalahan ilmiah baik dilingkungan kampus UNMUL maupun di masyarakat. Catatan: di Fakultas tetap digalakan penelitian Monodisipliner (spesifik professional)
  2. Menjadi fasilitator dan dinamisator kelompok-kelompok studi ditingkat fakultas untuk bergerak bersama mengusung suatu tema dan kegiatan ilmiah yang sifatnya interdisipliner

  3. Mengoptimalkan potensi keilmuan mahasiswa UNMUL dengan meningkatkan sense pengkajian dan penelitian ilmiah terhadap suatu permasalahan.

  4. Membentuk mahasiswa UNMUL sebagai insan akademis yang profesional dibidangnya, berweawasan luas, berakhlak mulia, dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  5. Menjembatani kehidupan kampus dengan kehidupan masyarakat umum melalui program-program aplikatif dan inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

  6. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan lembaga studi dan lembaga penelitian di lingkup intra kampus dan ekstra kampus UNMUL.

#TUJUAN KEGIATAN#

  1. Menstimulus peningkatan kompetensi mahasiswa/i Universitas Mulawarman
  • Mendukung terwujudnya peran mahasiswa sebagai Iron-Stock Pembangun Potensi Daerah

  • 1456042_3599016589546_1869109337_n

    Agenda besar pertama LC (Lesehan Cendikia) dilaksanakan pada tanggal 14 -15 Desember 2013 bernama ‘Cendikia Fair’ dengan kegiatan sebagai berikut :

    #LKTI-Nasional

    #LaunhcingLC

    #Seminar IPTEK

    #TEMWIL-MITI-KALIMANTAN

    #SeminarBeasiswa

    #WorkshopKTI

    #TrainingKelembagaan

    lc

    Iklan
    Tinggalkan komentar

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s